Ruang lingkup dan kajian sosiologi pendidikan
TUGAS I
SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Tentang
RUANG LINGKUP DAN KAJIAN SOSIOLOGI
PENDIDIKAN
RIZKE ADYAFNITA
14006035
JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2015
Ruang Lingkup dan Kajian Sosiologi
Pendidikan
A.
Pengertian
Sosiologi
Istilah sosiologi pertama kali dicetuskan oleh
seorang filsuf asal Prancis bernama Auguste Comte dalam bukunya Cours de la Philosovie Positive. Orang
yang dikenal dengan bapak sosiologi tersebut menyebut sosiolog adalah ilmu pengetahuan
tentang masyarakat. Kata sosiologi sebenarnya berasal dari bahasa latin yaitu ‘socius’ yang berarti teman atau kawan
dan ‘logos’ yang berarti ilmu
pengetahuan.
Disebutkan oleh Auguste Comte di atas yang
menyatakan sosiologi merupakan ilmu pengetahuan. Sebuah pengetahuan dikatakan
sebagai ilmu apabila mengembangkan suatu kerangka pengetahuan yang tersusun dan
teruji yang didasarkan pada peneliti yang ilmiah. Beberapa pakar sosiologi
mendefenisikan sebagai berikut:
1.
Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi ,
sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial,
termasuk perubahan-perubahan sosial.
2. P.J.Bouman,
sosiologi adalah ilmu masyarakat umum
3. Alvin
Bertrand, sosiologi adalah studi tentang hubungan antara manusia (human
relationship).
4. Mayor
Polak, sosiologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat
sebagai keseluruhan, yakni hubungan antara manusia dengan manusia, manusia
dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik formal maupun material, baik
statis maupun dinamis.
Jadi dapat disimpulkan sosiologi adalah
ilmu tentang cara berteman atau berkawan atau bersahabat yang baik, atau cara
bergaul yang baik dalam masyarakat.
B.
Karakteristik
Sosiologi Sebagai Ilmu
Sosiologi
bersifat empiris. Sosiologi didasarkan pada pengamatan dan penalaran.
Pengamatan berarti susunan yang berhubungan dengan pancaindera manusia, yang
dialaminya dalam kehidupan social. Sedangkan penalaran berarti semua yang
berhubungan dengan akal budi manusia atau yang bersifat rasional. Sifat empiris
ini sering dihubungkan dengan sifat ilmu yang dapat diuji dengan fakta.
Sosiologi bersifat teorits. Yaitu selalu berusaha
menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan, dan abstraksi
tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan
bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
Sosiologi bersifat komulatif. Yaitu disusun atas
dasar teori-teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki, diperluas sehingga
memperkuat teori-teori yang lama.
Sosiologi bersifat nonetis. Yaitu pembahasan suatu
masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi lebih
bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam.
C.
Pengertian
Sosiologi Pendidikan
Pada dasarnya, sosiologi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sosiologi
umum dan sosiologi khusus. Sosiologi umum menyelidiki gejala sosio-kultural
secara umum. Sedangkan Sosiologi khusus, yaitu pengkhususan dari sosiologi
umum, yaitu menyelidiki suatu aspek kehidupan sosio kultural secara mendalam.
Misalnya: sosiologi masayarakat desa, sosiologi masyarakat kota, sosiologi
agama, sosiolog hukum, sosiologi pendidikan dan sebagainya.Jadi
sosiologi pendidikan merupakan salah satu sosiologi khusus.
Beberapa defenisi sosiologi pendidikan
menurut beberapa ahli:
1.
Menurut F.G. Robbins, sosiologi pendidikan
adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses
pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan,
sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengantata
sosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural, proses
perkembangan kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.
2.
Menurut H.P. Fairchild dalam bukunya ”Dictionary
of Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yang
diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Jadi
ia tergolong applied sociology.
3.
Menurut Prof. DR S. Nasution,M.A.,
Sosiologi Pendidikana dalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-cara
mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar
lebih baik.
4.
Menurut F.G Robbins dan Brown, Sosiologi
Pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial
yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalaman.
Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk
mengontrolnya.
5.
Menurut E.G Payne, Sosiologi Pendidikan ialah
studi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmu
sosiologi yang diterapkan.
6.
Menurut Drs. Ary H. Gunawan, Sosiologi
Pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalah
pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.
Dari beberapa defenisi di atas, dapat disimpulkan bahwa sosiologi pendidikan adalah ilmu yang
mempelajari seluruh aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika,
masalah-masalah pendidikan, ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui
analisis atau pendekatan sosiologis.
D.
Ruang
Lingkup Bidang Kajian Sosiologi Pendidikan
Ruang lingkup sosiologi pendidikan
adalah garapan sosiologi pendidikan. Brcokover, dalam Pavalko (1976),
menyebutkan empat garapan sosiologi pendidikan, yaitu sebagai berikut.
1. Hubungan
sistem pendidikan dengan aspek-aspek lain dalam masyarakat
a. Hubungan
pendidikan dengan sistem sosial atau struktur sosial
b. Hubungan
antara sistem pendidikan dengan proses kontrol sosial dan sistem kekuasaan
c. Fungsi
pendidikan dalam kebudayaan
d. Fungsi
sistem pendidikan dalam proses perubahan sosial dan kultural atau usaha
mempertahankan quo, dan
e. Fungsi
sistem pendidikan formal bertalian dengan kelompok rasial, kultural dan
sebagainya.
2. Hubungan
antarmanusia di dalam sekolah
Lingkungan ini lebih condong
menganalisis struktur sosial di dalam sekolah yang memiliki karakter berbeda
dengan relasi sosial di dalam masyarakat luar sekolah, antara lain yaitu:
a. Hakikat
kebudayaan sekolah sejauah ada perbedaannya dengan kebudayaan di luar sekolah,
dan
b. Pola
interaksi sosial dan struktur masyarakat sekolah yang antara lain meliputi
berbagai hubungan kekuasaan, stratifikasi sosial dan pola kepemimpinan informal
sebagai terdapat dalam clique serta kelompok-kelompok murid lainnya.
3. Pengaruh
sekolah terhadap perilaku dan kepribadian semua pihak di sekolah/lembaga
pendidikan
a. Peranan
sosial guru-guru/tenaga pendidikan
b. Hakikat
kepribadian guru/tenaga pendidikan
c. Pengaruh
kepribadian guru/tenaga kependidikan terhadap kelakuan anak/peserta didik,dan
d. Fungsi
sekolah/lembaga pendidikan dalam sosialisasi murid/peserta didik
4. Lembaga
pendidikan dalam masyarakat
Di sini dianalisis pola-pola interaksi
antara sekolah/lembaga pendidikan dengan
kelompok-kelompok sosial lainnya dalam masyarakat di sekitar sekolah/lembaga
pendidikan. Hal yang termasuk dalam wilayah itu antara lain yaitu:
a. Pengaruh
masyarakat atas organisasi sekolah/lembaga pendidikan
b. Analisis
proses pendidikan yang terdapat dalam sistem-sistem sosial dalam masyarakat di
luar sekolah
c. Hubungan
antarsekolah dan masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan, dan
d. Faktor-faktor
demografi dan ekologi dalam masyarakat berkaitan dengan organisasi sekolah,
yang perlu untuk memahami sistem pendidikan dalam masyarakat serta integrasinya
di dalam keseluruhan kehidupan masyarakat.
E. Peran
Sosiologi dalam Layanan Konseling
Peran sosiologi dalam layanan konseling adalah
dengan sosiologi dapat berkembangnya komunikasi yang baik antara klien dan
konselor, baik itu secara lisan maupun dalam bentuk lisan dan dengan sosiologi
kita memiliki kemampuan dalam bersikap dan bertingkah laku sebagai konselor dan
klien.
Daftar Kepustakaan
Nasution.2011.
Sosiologi Pendidikan. Jakarta:Bumi
Aksara.
https://prasetyoirfan11.wordpress.com/2013/08/31/sifat-dan-karakteristik- sosiologi/
di akses pada tanggal 12 Februari 2015
niceeee
BalasHapusAssalamualaikum..
BalasHapusAssalamualaikum..
BalasHapusBagusss
BalasHapusBagusss
BalasHapusCasino City, CA 777 Casino Dr, Las Vegas, United States
BalasHapusVisit Mapyro to 원주 출장마사지 play 익산 출장샵 casino games and win 경산 출장마사지 real money! 777 Casino 서귀포 출장마사지 Dr, 충청북도 출장안마 Las Vegas, United States.